BOGOR TODAY – Untuk yang kesekian kalinya IPB menggelar acara seminar, sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan matakuliah. Kali ini seminar bertema “Journalist’s Starting Point” diselenggarakan di Hotel Pajajaran Suites pada 9 Desember 2018 kemarin.

“Saat ini kita semester 3 dan kita ada mata kuliah setiap 1 kelas, 1 praktikum itu harus menyelenggarakan event. Ntah itu seminar atau apapun dan kebetulan kita dapet tema tugas untuk menyelenggarakan seminar jurnalistik,” ujar Shafira (20) salah seorang panitia.

Acara seminar jurnalistik sudah event yang  ke-5, dan tema jurnalistik sudah turun menurun selalu ada. Sekitar 30 panitia yang terjun langsung dalam acara seminar ini, tidak hanya dari IPB saja yang datang untuk mengikuti acara seminar tersebut, tetapi dari berbagai universitas. Pesertanya pun mencapai sekitar 300 peserta, itupun diluar tamu VIP yang hadir.

“Beberapa kampus yang hadir dalam cara ini yakni, Ibn Khaldun, Komunikasi Trisakti, Gunadarma Komunikasi, Sekolah Vokasi UI dan ada juga dari beberapa sekolah,” tutur Shafira.

Menurut dia, dalam acara tersebut yang terpenting yakni, persiapan yang matang, pembicara dan selain itu pendanaan pun tak kalah penting. “Seperti mencari pembicara, memfollow up pembicara, kira – kira pembicara sesuai ga sih sama tema kita, karna kita berfikir gimana ceritanya kita tuh mau (segmentasinya mahasiswa sama pelajar) kita mau pembicara itu harus pas segmentasinya untuk mahasiswa dan anak muda,” katanya.

Jonathan mahasiswa Gunadarma Depok, salah satu peserta seminar mengatakan, banyak sekali manfaat yang dia dapatkan dari Arbain Rambey. Beliau menjelaskan tentang teknik memotret bagaimana cara memotret yang baik dan benar.

“Skillnya, ya itu kami bisa memperhatikan angle – anglenya. Dan cara penyampaiannya seru banget,” mudah dimengerti. Banyak sekali tips yang diberikan oleh Arbain Rambey, seperti bagaimana mengambil gambar landscape, portrait dan lainnya,” kata Jonathan.

 

Selain Jonathan, Stella salah satu mahasiswa IPB yang berasal dari Jawa Tengah mengaku beruntung bisa hadir dalam acara seminar tersebut, karena menambah ilmu yang tak pernah diajarkan di kampus tentang photography, jadi tahu bagaimana mengambil gambar yang bagus. “Lalu untuk materi Rahma Hayuningdyah menambah  pengetahuan bagi saya gimana caranya jadi reporter dan mengambil berita yang baik,” ucap Stella.

Acara tersebut menghadirkan Arbain Rambey Directur Utama Kompas sekaligus fotografer Kompas, Rahma Hayuningdyah selaku News Anchor dan Producer Net TV, News Anchor dan Producer Liputan 6 SCTV, Djati Darma. (Tri/ Nazira/ Seftia/ Safina|PKL)

loading...