BUDI-CW-4Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ) Kabupaten Bogor, telah melakukan sekitar 947 lelang dari total 1048 tender. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor optimisi semua pekerjaan yang ditenderkan di KLPBJ akan beres tahun ini.

Oleh : Iman R Hakim
[email protected]

Terhitung pada 15 Agustus 2016, Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ) Kabupaten Bogor, telah merampungkan le­lang sebanyak 947 paket dari total 1048 tender yang masuk di KLPBJ. Jumlah itu, sangat banyak, jika dibandingkan tahun sebel­umnya dengan bulan yang sama.

“Per hari ini ( Jumat 15 Agus­tus 2016, red) 947 paket sudah selesai lelang. Dan kemungkinan Senin besok (hari ini, red) bisa mencapai 990 paket yang beres dilelangkan. Karena, untuk dua hari kedepan, proses lelang terus berjalan,” ujar Kepala KLPBJ Ka­bupaten Bogor, Budi CW.

Dijelaskan Budi, perincian dari total diatas yakni, untuk pengadaan sebanyak 47 paket, pekerjaan mencapao 703, jasa kontruksi sebanyak 159 paket dan jasa lainnya sekitar 38 pekerjaan.

“Pagu yang sudah beres dile­langkan dari total 947 paket sebesar Rp 1,386 triliun. Dari ha­sil penawaran lelang, ada dana evisiensi sekitar Rp 177,450 mili­ar, atau ada penghematan sekitar 12,80 persen,” terang Budi.

Selama Kantor Layanan Pen­gadaan Barang dan Jasa Kabu­paten Bogor dipimpinya, tidak ada pekerjaan yang gagal lelang. “Kalau lelang gagal pasti ada, dan kami lelangkan kembali dengan jangka waktu satu bulan. Dan, kami pastikan, berkas pekerjaan dari dinas yang masuk ke kantor kami, secepatnya akan kami ten­derkan,” katanya.

Saat ini, tidak ada kendala dalam proses lelang. Adanya keterlambatan lelang, diaki­batkan leletnya dinas terkait menyerahkan dokumen lelang. “Tapi, sejauh ini se­luruh dinas sudah mulai bagus dan itu sangat berpengaruh pada proses lelang,’ timpal Kasi Kasi Pengadaan Peker­jaan Konstruksi di KLPBJ Kabu­paten Bogor, Djoko Pitono. (*)

 

loading...