Untitled-11BATUK merupakan gejala yang disebabkan oleh penyakit per­napasan seperti TBC, pilek, flu, asma dan bronkitis. Ada dua jenis utama dari batuk, batuk produk­tif dan batuk tidak produktif. Batuk produktif terjadi ketika lendir atau dahak keluar dari paru-paru ke dalam mulut, ketika anda batuk.

Sebaliknya, saat Anda mengal­ami batuk tidak produktif, tidak ada dahak yang keluar. Batuk ti­dak produktif sering disebut den­gan istilah batuk kering. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengobatinya:

Jahe

Jika anda menderita batuk ker­ing, anda bisa mencoba ramuan jahe.

Potong jahe tipis-tipis dan ke­mudian haluskan. Rebus jahe dalam air selama satu jam. Tam­bahkan sedikit gula untuk menin­gkatkan rasa dan minum ramuan ini dua kali sehari.

Almond dan madu

Rendam segenggam almond se­malaman dan kupas kulit almond di pagi hari. Kemudian tumbuh sampai halus dan campurkan den­gan satu sendok madu. Anda bisa mengonsumsinya dua kali sehari.

Susu dan madu

Untuk mengatasi batuk ker­ing, campurkan satu sendok makan madu dalam segelas susu hangat.

Anda bisa meminumnya sekali sehari atau sewaktu hendak tidur. Susu madu juga dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan peradangan.

Bawang merah

Anda bisa menggunakan irisan bawang merah untuk meredakan batuk. Anda juga dapat membuat jus bawang merah dan mencamp­urnya dengan madu untuk merin­gankan batuk kering

Kunyit dan lada hitam

Rebus setengah cangkir air dan tambahkan satu sendok teh ku­nyit, satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh bubuk lada hitam.

Campur semua bahan dan mi­num ramuan ini tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

Lemon

Campurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok teh madu dan minum berkali-kali sehari untuk meredakan batuk. Lemon mengandung banyak vita­min C yang dapat membantu men­guatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah enam ramuan alami yang bisa Anda konsumsi untuk mereda­kan batuk kering. Selamat mencoba!

loading...