JAKARTA TODAY – Kehamilan memang menjadi dambaan semua wanita yang sudah berumah tangga.Kehadiran anak dalam sebuah keluarga adalah anugrah terindah. Faktor utama yang membuat seorang wanita sulit hamil sudah diketahui. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah merokok, menggunakan pil KB dan lainnya.

Namun selain beberapa faktor utama ini ada beberapa faktor tersembunyi yang mungkin tidak kamu sadari. Beberapa faktor tersembunyi bisa saja berasal dari kebiasaan kamu sehari-hari diantaranya :

1.Terlalu banyak mengonsumsi lemak jahat

Kandungan lemak jahat biasanya ditemuka dalam makanan yang dipanggang seperti pizza dan makanan ringan. Lemak jahat ini dapat berdampak negatif terhadap kesuburan seorang wanita. Cobalah unuk membatasi mengonsumsi makanan ini.

2.Terlalu sering berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan kesuburan jika dilakukan dalam batas tertentu. Terlalu banyak melakukan olahraga bisa mempengaruhi keseimbangan energi dalam tubuh. Hal ini akan memberi pengaruh negatif pada siklus reproduksi kamu.

3.Kamu memiliki indeks massa tubuh yang rendah

Memiliki IMB yang rendah dari normal bisa membuatmu mengalami peningkatan risiko disfungsi ovarium, infertilitas dan kelahiran prematur. IMB biasanya dipengaruhi dengan pola makan dan terkadang berdampak negatif terhadap menstruasi dan kesuburan.

4.Kamu dan pasanganmu sama-sama mengalami stres

Studi menunjukkan bahwa kesuburan seorang laki-laki dipengaruhi oleh stresor kehidupan. Stres biasanya dipengaruhi oleh masalah pekerjaan, keluarga dan kehidupan sosial.

5.Kamu menggunakan pelumas yang salah

Untuk meningkatkan peluang kehamilan, kamu harus berhati – hati dalam memilih jenis pelumas.

6.Kamu kurang tepat menghitung dan menetapkan masa subur

Terkadang sulit untuk membuat prediksi yang akurat, terutama jika periode bulanan kamu tidak teratur. Kamu harus mulai memahami kapan masa subur kamu terjadi. (Net)

 

loading...