CIBINONG TODAY – HUT Kemerdekaan RI ke-72 tinggal menghitung hari. Segala sesuatunya tengah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, salah satunya pasukan pengibar bendera (Paskibra).

“Ada sekitar 50 Paskibraka yang terlibat langsung dalam pengibaran merah putih saat 17 Agustus nanti,” ujar Pelaksana Bidang Layanan Kepemudaan di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Istianti Novalia, Selasa (1/8/2017).

Dijelaskan dia, 50 Paskibraka itu, hasil seleksi dari perwakilan 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor. Tahapan seleksi sudah dimulai sejak Februari hingga Maret 2017 lalu, kurang lebih, sekitar 3000 siswa siswi yang mendaftar untuk menjadi Paskibra, kemudian diseleksi kembali menjadi 200 peserta Paskibra.

“Kami melakukan seleksi wilayah ke 40 kecamatan yang kemudian dibagi menjadi 5 wilayah dengan cara mengundang kesekolah – sekolah tingkat SMA atau sederajat yang berada dikabupaten Bogor,” paparnya.

Ada kriteria khusu bagi para Paskibra, salah satunya tinggi badan. Untuk siswi minimal memiliki tinggi badan 165 centi meter, sedangkan untuk siswa atau laki laki wajib memiliki tinggi badan minimal 170 centi meter. “Yang utama adalah siswa siswi harus sehat jasmani dan rohani dan yang pasti mereka siswa siwi kelas X (sepuluh),” jelasnya.

Dia menambahkan, pasukan pengibar bendera yang lolos seleksi sudah mulai mendapatkan pelatihan. “Mereka (Paskibra, red) dilatih langsung oleh TNI, Badan Penanggulangan Bencana Teroris (BNPT), Polres Bogor dan TNI AU Atang Sanjaya,” pungkasnya. (Diana MG)

loading...