Padatnya aktifitas menuntut kita untuk selalu menjaga stamina. Demi menjaga energi dan juga staminanya, asupan makanan bergizi mutlak mejadi perhatian. Buah bisa menjadi pilihan sebagai sumber energi yang tepat.

Makan buah untuk meningkatkan energi

Buah adalah satu sumber nutrisi yang tidak boleh ditinggalkan. Kandungan berbagai mineral dan juga vitamin di dalamnya sangat penting untuk menjaga kecukupan energi. Dari seluruh buah yang ada, berikut ini adalah buah yang bias dipilih sebagai sumber energi :

Pisang

Pisang menjadi buah nomor satu ketika berbicara tentang energi. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terkandung 25 gram karbohidrat kompleks yang berperan penting dalam menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Karbohidrat kompleks akan dicerna perlahan dan bertahap di dalam tubuh sehingga energi yang dilepaskan pun tetap stabil serta selalu ada setiap diperlukan. Kestabilan kadar energi dalam tubuh cukup penting mengingat padatnya aktifitas yang dilakukan sepanjang hari.

Apel

An apple per day keeps your doctor away. Begitulah pepatah yang banyak dipercaya terkait buah super yang satu ini. Apel memang mampu menjadi andalan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat, apa pun kondisi yang sedang dihadapi.

Selain vitamin C dan serat, apel juga kaya akan vitamin B. Vitamin B dibutuhkan tubuh untuk mengolah makanan menjadi energi. Dengan kecukupan kadar vitamin B dalam tubuh, energi yang dihasilkan pun akan tetap optimal walaupun aktivitas menumpuk.

Alpukat

Dalam alpukat terkandung asam lemak tak jenuh yang sangat penting untuk kerja sistem saraf dan menjaga daya tahan tubuh. Kita tentu membutuhkan dua manfaat hebat ini, mengingat setiap aktifitas diperlukan energi yang cukup dan juga tubuh yang terjaga tetap fit dan kuat.

Selain asam lemak tak jenuh, dalam alpukat juga terkandung potasium yang ternyata kadarnya lebih tinggi dari pisang. Dalam sebuah pisang, kandungan potasiumnya sekitar 10 persen sedangkan alpukat dapat mencapai 14 persen.

Potasium merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk pergerakan otot. Bila kadar potasium dalam tubuh terjaga optimal, kekuatan otot akan dapat dipertahankan, berapa pun banyaknya aktifitas yang harus dilakukan.

Semangka

Selain menyegarkan, semangka juga ternyata dapat menjaga energi dalam tubuh tetap stabil sepanjang hari. Kandungan air dalam semangka termasuk yang paling tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Kandungan cairan ini sangat penting mengingat saat berkatifitas sangat berisiko mengalami dehidrasi karena teriknya cuaca dan derasnya keringat yang keluar sepanjang beraktifitas.

Dengan asupan air yang cukup dari minum dan buah-buahan, stamina pun dapat terjaga secara optimal. Energi dalam tubuh pun akan tetap stabil.

Lemon

Air lemon merupakan sumber energi yang bekerja secara instan dan dapat diandalkan sepanjang hari. Cukup iris beberapa potongan lemon dan masukkan ke dalam air putih dalam botol.

Rasa segar dan tingginya kandungan vitamin C seketika dapat menggantikan cadangan dalam tubuh yang hilang. Sederhana dan mudah dibawa kemana pun berada.

Cukup selipkan berbagai jenis buah di atas dalam perbekalan dan Anda pun akan tetap berenergi sepanjang hari. (net)

 

loading...