Pansel PD PPJ Rabu Umumkan Hasil UKK

BOGOR TODAY – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah menyeleksi 36 orang demi memperebutkan kursi direksi di Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor. Bahkan, panitia seleksi (pansel) pun kini berjumlah lima orang dengan diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

Pada proses seleksi ini, pemkot mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2018 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah. Pansel tidak lagi menggunakan Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 82 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 73 Tahun 2012.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Bogor, Tri Iriyanto, menuturkan, mekanisme pembentukan panitia seleksi saat ini menggunakan peraturan terbaru. Hal itu disebabkan ketika ada aturan terbaru, maka itu menjadi dasar acuan. Dalam aturan yang baru, untuk pansel bisa tiga, lima atau tujuh orang. Namun, pemkot mengusulkan lima orang saja karena sudah dianggap memenuhi unsur.

“Kalau tiga orang terlalu sedikit. Sedangkan 7 orang kebanyakan. Akhirnya mengusulkan lima orang dan itu dirasa cukup mewakili,” ujar Tri.

Tri melanjutkan, lima panitia seleksi di antaranya dari unsur pemkot yakni Sekda Kota Bogor Ade Sarif Hidayat, unsur akademisi Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bibin Rubini, Penasihat Investasi Provinsi Jawa Barat Renea Sinta, independen ada Harlan Bengardi dan salah satu direksi pada BUMN Tina Kemala. “Pansel PD PPJ ada lima orang dan itu sudah disahkan lewat perwali,” katanya.

Untuk tahap seleksi, terang Tri, dari 36 orang yang mengikuti tes Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) semuanya hadir. Hari pertama tes tulis dan kedua tes wawancara yang dilanjutkan tes Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok terarah. “Bagi calon direksi utama dibuat satu kelompok. Sedangan calon direktur umum dan calon direksi operasional dibuat dua kelompok,” bebernya.

Menurut Tri, hasil tes hari pertama dan kedua akan dilaporkan ke pansel dan nantinya akan dipresentasikan melalui ranking atau peringkat. “Rencananya Rabu ini akan kita umumkan hasil tes siapa saja yang lolos tes UKK,” pungkasnya. (Rifky)

 

loading...