Untitled-8BOGOR TODAY – Berbagai cara dilakukan rakyat Indo­nesia dalam memperingati ke­merdekaan negeri ini. Di Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, kemeriahan HUT RI ke-71 dilakukan den­gan cara yang berbeda.

Pemerintah Desa Kemang, Kecamatan Kemang, menga­dakan karnaval di lingkup de­sanya. Karnaval rakyat ini dii­kuti sekitar 3000 peserta dari siswa-siswi tingkat SD, ma­syarakat umum dan perangkat Desa Kemang sendiri.

Para pelajar yang menjadi peserta karnaval, terlihat men­genakan berbagai jenis inovasi kreatif desain. Ada baju den­gan desain pakaian pejuang hingga bergaun panjang ala Noni Belanda.

Selain itu, banyak pula yang terlihat mengambil tema­tik desain baju adat istiadat. Mulai baju adat Papua, Jawa, Betawi, dan Sunda. Semua ter­lihat saling menguatkan rasa kebangsaan.

“Jadi mulai tahun 2014 pemerintah desa punya pro­gram karnaval. Diantaranya ada kegiatan bersih lingkun­gan, gerak jalan umum dan karnaval desa umum, ada perlombaan menghias gapura dan masih ban­yak lagi,” ujar Kades Kemang, Entang Suana.

Tidak hanya itu, diusia ke­merdekaan In­donesia ke-71 ini, Desa Kemang juga menyelenggarakan hiburan seni musik untuk memberi wa­dah kreativitas pemu­da di desa. Selain itu, pada kegiatan selanjutnya bakal diselenggarakan pen­gajian dan tahlil dalam rangka mendoakan para pejuang kemerdekaan nasional yang telah berjasa memajukan Desa Kemang.

“Alhamdulillah Desa Kemang, dari beragam latar belakang warganya terlihat kompak. Un­tuk sama-sama memajukan desa,” imbuh pria yang juga menjabat ketua Himpunan Ke­luarga Tani Indonesia (HKTI) Ka­bupaten Bogor.

Karnaval ini berlangsung sekitar pukul 13.00 sampai 16.00 WIB, menyusuri jalan desa kurang lebih sepanjang 2,5 kilometer. (Iman R Ha­kim)

loading...