JAKARTA TODAY- Selain kualitas pendidikan yang mumpuni, negara-negara di Eropa menawarkan banyak pilihan studi yang terjangkau bagi mahasiswa internasional. Berbagai tawaran beasiswa pun kian menambah daya tarik mahasiswa internasional kuliah di Benua Biru.

Tak hanya murah, sejumlah negara di Eropa juga membebaskan biaya kuliah, lho! Dilansir dari Studi.Eu, berikut tiga negara di Eropa yang menawarkan kuliah gratis di universitas negeri mereka.

1. Prancis

Prancis membebaskan biaya kuliah untuk pelajar dari Uni Eropa. Tak hanya itu, kesempatan kuliah gratis juga terbuka bagi mahasiswa dari negara lain di luar Eropa. Pasalnya, kebanyakan kampus negeri di sana membebaskan biaya masuk, termasuk uang semesteran. Dengan mutu pendidikan kelas dunia tersebut, program sarjana dan pascasarjana di kampus Prancis banyak menawarkan kelas bahasa Inggris sehingga diminati mahasiswa internasional.

2. Jerman

Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang paling populer bagi pelajar internasional. Di Jerman, mahasiswa internasional dapat kuliah gratis, kecuali di beberapa kampus swasta ada biaya yang harus dibayarkan. Meski begitu, biasanya kampus tetap menarik biaya untuk administrasi dengan jumlah relatif kecil.

3. Norwegia

Universitas di Norwegia menawarkan pendidikan gratis kepada mahasiswa dari Eropa, Asia, Afrika, dan negara lainnya. Kendati demikian perlu kamu ketahui bahwa biaya hidup di sana termasuk yang termahal di dunia. Untuk itu, hal ini bisa menjadi pertimbangan, yakni dengan cara membandingkan biaya kuliah dan hidup di negara Eropa lainnya.(Yuska/dtk)

loading...