Terlalu banyak kegiatan yang dilakukan, kadang membuat kita hilang  konsentrasi. Otak terlalu keras dalam bekerja, sehingga membuat tubuh terasa lelah dan muncul rasa stres. Biasanya kamu akan kembali mood bila mengonsumsi makanan manis. Karena makanan manis dianggap mampu merangsang energi positif ke otak.

Tapi ternyata, dilansir dari Health24 ada beberapa makanan yang mampu membantu meningkatkan fungsi otak, diantaranya :

  1. Kafein

    hot coffee

Kafein mampu memberikan energi dan meningkatkan konsentrasi, bisa kamu temukan dalam minuman seperti teh, kopi dan cokelat.

  1. Gula

Gula sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai energi, tapi bukan gula melainkan kandungan gula yaitu glukosa yang didapat dari karbohidrat. Itulah yang membuat seseorang yang mengonsumsi makanan atau minuman manis bisa memberikan efek segar, meningkatkan daya pikir, memori dan kemampuan mental.

  1. Ikan

Ikan terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk otak. Kandungan ini baik untuk mengurangi resiko demensia, stroke, dan penurunan mental. Selain itu, juga baik untuk meningkatkan memori seiring bertambahnya tua, untuk kesehatan tubuh dan otak sebaiknya mengkonsumsi dua porsi ikan setiap 1 minggu.

  1. Cokelat dan kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber antioksidan dan vitamin E yang baik mengurangi penurunan kemampuan kognitif karena umur bertambah. Cokelat hitam juga memiliki antioksidan yang sangat kuat dan terdapat kandungan kafein yang dapat meningkatkan fokus. Kamu dapat menikmati 1 ons kacang-kacangan dan cokelat hitam sehari untuk mendapatkan keuntungan gizi dari makanan tersebut.

  1. Blueberries

Penelitian menunjukkan bahwa blueberries dapat melindungi otak dari kerusakan yang ditimbulakn oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek penuaan seperti Alzheimer dan demensia.Studi juga menunjukkan bahwa diet blueberries dapat meningkatkan fungsi otot dari tikus yang membuat mereka memiliki kemampuan mental yang sama dengan tikus yang berumur lebih muda.

 

Bagi Halaman
BACA JUGA :  Bejat, Oknum Guru Diduga Lecehkan Sejumlah Siswi di Tanjab Barat
============================================================
============================================================
============================================================