BANDUNG TODAY – Wali Kota Bogor Bima Arya menerima Penghargaan Kebahasaan dan Kesastraan Anugerah Kawistara 2017 sebagai kepala daerah yang peduli dan berperan aktif dalam pemartabatan Bahasa Indonesia di ruang publik kategori pejabat publik. Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Anugerah Kawistara 2017 “Pemartabatan Bahasa Negara” yang diselenggarakan di Park Prime Hotel, Bandung, Rabu (01/11/2017).

Penghargaan tersebut berdasarkan hasil penilaian oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat yang bekerja sama dengan unsur perguruan tinggi serta perwakilan media massa.

BACA JUGA :  Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Pemotor di Purwakarta Tewas

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat Sutedjo mengatakan, penghargaan dan anugerah ini diberikan kepada pejabat publik yang aktif dan berkomitmen mendorong pemartabatan bahasa indonesia di ruang publik. Selain kepada kepala daerah dan tokoh publik, anugerah juga diberikan kepada tokoh legenda bahasa, tokoh lembaga dan komunitas literasi yang peduli terhadap pemartabatan bahasa negara.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama warga di Kota Bogor untuk menggunakan bahasa Indonesia di berbagai ruang dan fasilitas publik. Namun ia menyadari bahwa komitmen keseriusan perihal pemartabatan bahasa harus diseriuskan secara bersama.

BACA JUGA :  Halbil IPHI Kota Bogor, Atang Trisnanto Harap Anggota jadi Pelopor di Wilayah

“Kota Bogor berupaya melakukan pemartabatan bahasa negara melalui dua tataran, yaitu tataran kebijakan dan tataran komunikasi. Selain itu, penting pula untuk mengenalkan pemartabatan bahasa negara terhadap anak-anak sebagai generasi penerus kita, sehingga gejala xenomania tidak lagi muncul,” katanya. (Asep TB)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================