BOGOR TODAY- Proyek jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) telah dimulai sejak tahun 2005. Jalan Tol Bogor Ring Road terbagi dalam tiga seksi yang dibangun secara bertahap.

Proyek dibagi menjadi tiga bagian yaitu Seksi 1 sepanjang 3,8 km dari Sentul Barat hingga Kedunghalang. Kemudian Seksi 2A dan 2B sepanjang 4,1 km menghubungkan Kedunghalang hingga Simpang Yasmin. Kemudian dilanjutkan hingga ke Salabenda. Seksi 1 adalah ruas jalan tol Sentul Selatan-Kedunghalang sepanjang 3,85 kilometer dan telah beroperasi sejak November 2009.

Sedangkan seksi 2 dibagi atas dua segmen, yakni segmen 2A Kedunghalang-Kedung Badak yang telah beroperasi sejak Mei 2014 lalu sepanjang 1,95 km, dan segmen 2B sepanjang 2,65 km yang kini tengah dikerjakan mulai dari Kedunghalang hingga Simpang Yasmin.

BACA JUGA :  Laga Penentuan Timnas Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23 2024

Tipe konstruksi ruas ini adalah jalan layang dengan pier utama berdiri di median jalan Sholeh Iskandar. Proyek yang menelan total anggaran Rp 850 miliar tersebut direncanakan rampung pada Mei 2018.

“Kalau 2018 setidaknya ujung dari elevated tadi sudah sampai ke Yasmin. Sentul-Kedung Halang 3,85 km, Kedung Halang-Yasmin 4 km. Nanti lanjutannya setelah itu yang ke sampai ke Salabenda. Di sana sudah diatur titik turun naiknya, sehingga harapannya bisa membantu mengurangi kemacetan di sana,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, Senin (22/5/2017).

Nantinya, apabila ruas Kedunghalang-Yasmin telah rampung, proyek tol akan kembali dilanjutkan hingga Salabenda.  “Kita bangun dulu sampai Yasmin, nanti kita lanjutkan sampai ke Salabenda,” tutur Herry.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 25 April 2024

Sebagai informasi, lokasi jalan tol BORR terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, khususnya Jalan Soleh Iskandar-Simpang Yasmin-Salabenda. Koridor ini dilalui jalan tol BORR sepanjang 11 km. Terbangunnya jalan tol di kawasan Sholeh Iskandar ini akan menarik mobilisasi pengunjung dan warga untuk melakukan transaksi ekonomi di daerah ini.

Sebelumnya, pada rencana awal trase jalan tol BORR Seksi 3 akan melintasi Jalan KH Sholeh Iskandar kemudian menuju Dramaga melewati kawasan Yasmin. Namun seiring dengan perkembangan yang terjadi di daerah Bogor Barat dan Bogor Utara pemerintah kota Bogor mengajukan perubahan trase seksi 3 menuju arah Salabenda.(Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================