JONGGOL TODAY – Upaya terus dilakukan pemerintah dalam percepatan tanam padi di Kabupaten Bogor. Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia didampingi Dandim 0621/Kabupaten Bogor berkunjung ke area pertanian kelompok tani di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor pada Minggu 14 Mei 2017 kemarin untuk melihat dan menanam padi langsung di are persawahan milik pokyan.

Selain Sekretaris Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, hadir pula Dinas Pertanian, Pasiter Dim 0621, Danramil Jonggol, UPT Pertanian serta Jajaran Muspika Kecamatan Jonggol, Kepala Desa dan kelompok tani.

Sek Dirjen Kementan Tanaman Pangan, Maman Suherman mengatakan, bahwa Pemerintah telah maksimal membantu petani baik bantuan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) maupun bantuan yang lainnya.

Dengan ini harapan Pemerintah dari hasil panen para petani kiranya dapat di sisihkan dan hasil panennya dapat di serap oleh Bulog guna ketahanan pangan Nasional.

“Bulog harus aktif menyerap gabah petani sesuai yang telah ditargetkan oleh pemerintah. Bantuan alat pertanian dari pemerintah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh petani,” ujarnya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 1 Mei 2024

Dijelaskannya, dengan adanya pendampingan oleh TNI AD Jajaran Kodim 0621/Kabupaten Bogor, kiranya petani akan lebih terbantu. “Apabila ada hambatan seperti contoh masalah air atau irigasi yang jebol, itu bisa di selesaikan dilapangan, dan saya akan meninjau langsung lokasi irigasi yang jebol dan akan menindaklanjuti untuk dilaporkan ke Pak Mentri Pertanian,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Infantri, Fransisco menjelaskan, bahwa TNI mendukung mewujudkan swasembada pangan nasional, untuk mewujudkan program tersebut maka harus dilakukan secara selektif dan analisa secara matang agar dapat meningkatkan produksi yang maksimal sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan dan mensejahterakan masyarakat.

“TNI akan selalu siap dilibatkan serta mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Bogor,” jelasnya. Dalam rangka membantu petani untuk percepatan tanam, dan pencapaian program swasembada pangan dituturkan adanya peningkatan indeks penanaman. Karena itulah perlu dapat target yang harus dicapai.

Dengan ini TNI AD Jajaran Kodim 0621, yang ditugaskan di wilayah Kabupaten Bogor, dan seluruh TNI AD yang ada di wilayah masing masing telah mendapat perintah untuk langsung turun kelapangan.  Saya bersama Sekertaris dirjen kementan, Kadistan dalam rangka membantu petani untuk percepatan tanam, juga diharapkan dapat meningkatkan produktifitas lahan dan tenaga kerja untuk mempercepat dan mengefisiensi proses serta menekan biaya produksi serta pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

“Nantinya apa yang menjadi kendala para petani di lapangan kususnya petani wilayah Kabupaten Bogor. Seperti halnya Poktan Mekar di Kampung Kebun Kelapa, Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, kami TNI AD Koramil Jonggol siap membantu petani baik bantuan Alsintan Irigasi maupun benih. Ini adalah upaya TNI AD apa yang telah di perintahkan oleh pimpinan kami, dan semata mata hanya untuk membantu kesejahteraan petani di Indonesia,” pungkasnya.

Sekdirjen kementan TP, Dandim 0621,Kadistan Pasiter, Koramil Jonggol, dan  UPT Pertanian, Ketua Poktan Mekar sudah menyiapkan lahan siap tanam di Desa Singasari seluas 30 hektar dan siap tanam 40 hektar akan diolah dan selanjutnya ditanam. (Agus / Chamonk)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================