WASHINGTON TODAY-Gedung Putih terus mendesak anggaran pembangunan tembok di perbatasan Meksiko jelang tenggat waktu Kongres akhir pekan ini, memicu pertanyaan soal kemungkinan Presiden Donald Trump menutup pemerintahannya di hari ke-100 ia menjabat.

Anggaran tembok tersebut adalah salah satu janji utama Trump dalam kampanye dan Gedung Putih tampaknya masih berkeras membuat Kongres untuk menyetujui uang muka sebagai bagian dari anggaran AS.

Kepala bidang anggaran Gedung Putih, Mick Mulvaney, mengatakan pemerintah sedang bersiap untuk memberi Partai Demokrat kelonggaran soal reformasi layanan kesehatan dalam untuk membujuk mereka agar menyetujui anggaran tembok itu. Namun, jika pembangunan tembok itu tidak dibiayai, apakah Presiden akan memveto anggaran secara keseluruhan, mengambil risiko penutupan pemerintah Sabtu ini–bertepatan dengan hari ke-100 Trump di kantor?

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 25 April 2024

“Kami belum tahu,” kata Mulvaney kepada Fox News sebagaimana dikutip AFP, Senin (24/5). “Kami meminta hal yang jadi prioritas kami dan yang penting kami menawarkan Demokrat beberapa hal yang jadi prioritas buat mereka.”

Momok penutupan pemerintahan kerap kali menghantui negosiasi anggaran AS. Ancaman ini kerap kali bisa diatasi–tapi sempat terjadi beberapa kali, terakhir kali pada 2013 lalu saat pemerintah ditutup selama 16 hari karena perselisihan soal anggaran reformasi layanan kesehatan yang dicetuskan Barack Obama. Demokrat kelihatannya tidak tertarik untuk berkompromi kali ini.  “Saya harap Presiden tidak berkeras,” kata Senator Dick Durbin, orang nomor dua Demokrat di Senat, kepada CNN. “Membayangkan dia akan menutup pemerintahan Amerika Serikat karena permohonan anggaran tembok perbatasan yang tidak jelas ini, yang sama sekali tidak bisa kita biayai saat ini, dan ditentang oleh Demokrat dan Republik, itu akan menjadi puncak ketidakbertanggungjawaban.” Mulvaney, walau demikian mengatakan bahwa “penutupan pemerintahan tidak diharapkan dan bukan merupakan sebuah alat.” “Kami ingin prioritas kami dibiayai dan salah satu prioritas terbesar saat kampanye adalah keamanan perbatasan, menjaga warga Amerika aman dan salah satu bagian dari janji itu adalah tembok perbatasan.”(Yuska Apitya/cnn)

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, 27 April 2024
Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================