588638108RIO DE JANEIRO, Today – Air mata mengiringi Michael Phelps saat sukses menutup karirnya sebagai perenang dengan sempurna. Ia mempersembah­kan medali emas dalam nomor 4×100 meter gaya kupu-kupu estafet di Olim­piade 2016.

Sebelum perlombaan dimu­lai, Phelps memang telah berikrar tidak akan lagi melanjutkan karier sebagai perenang. Ia merasa telah cukup terjun dalam lima kali Olimpiade selama ini.

Total perenang Amerika Serikat (AS) itu telah menyumbangkan 23 medali emas bagi negaranya. Terma­suk lima medali emas yang disumbang­kannya dalam Olimpiade di Brasil kali ini.

BACA JUGA :  Nathan Tjoe-A-On Bakal Perkuat Timnas Lawan Korsel

“Saya berjalan ke kolam malam ini, melakukan pemanasan terakhir, me­makai baju renang terakhir, dan tampil di depan ribuan orang untuk membela AS rasanya ingin menangis. Namun cara inilah yang memang saya inginkan un­tuk mengakhiri karier saya,” ujar Phelps seperti dilansir Reuters.

“Kami menang dengan cara yang hebat. Sungguh kebanggaan bisa ber­lomba bersama tiga perenang hebat malam ini, Ryan Murphy, Cody Miller, dan Nathan Adrian,” katanya menam­bahkan.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Di sisi lain Phelps mengaku sudah siap mundur dari renang yang telah membesarkan namanya selama ini. “Karier renang saya mungkin sudah usai, tetapi ini adalah awal baru untuk petualangan saya. Saatnya membuka lembaran baru,” ujarnya.(Nanda/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================