DEADLINE-PROYEKProyek pembangunan pedestrian, drainase dan jembatan di seputar KRB sudah dimulai sejak 26 Juli lalu dan diberikan jangka waktu hingga tanggal 22 Desember 2016 mendatang. Pelaksanaan proyek pembangunan pedestrian di seputar Kebun Raya Bogor (KRB) yang juga meliputi perbaikan drainase dan pelebaran jembatan di Jalan Otista, dibagi menjadi lima bagian pekerjaan.

Oleh : Abdul Kadir Basalamah
[email protected]

Seperti dipaparkan Pe­jabat Pelaksana Tek­nis Kegiatan (PPTK) Sultodi Mahfud dalam keterangan persnya di Ruang Paseban Suradipati, Balaikota, Selasa (09/08/16). Yang per­tama adalah pekerjaan pedes­trian Jalan Pajajaran dengan panjang 348 meter dan yang kedua adalah pekerjaan pe­destrian dan drainase di Jalan Jalak Harupat.

Untuk bagian pekerjaan ketiga, lanjutnya, yaitu pe­destrian dan drainase di Ja­lan Juanda. Lantas keempat adalah pekerjaan pedestrian dan drainase Jalan Otista yang termasuk di dalamnya pele­baran jembatan Jalan Otista 2 serta Turap Penahan Tanah (TPT) Jalan Otista. Kemudian yang terakhir adalah pening­katan Jalan Otista (overlay).

BACA JUGA :  Pasar Sukasari Ditargetkan Beroperasi Juli 2024 Mendatang

“Untuk pekerjaan pedes­trian di Jalan Pajajaran ini sepanjang 348 meter dengan lebar 7 meter yang meliputi 5 meter untuk pejalan kaki dan 2 meter sisanya untuk jalur sepeda. Untuk pekerjaan di Jalan Jalak Harupat, panjang­nya 1.040 meter dengan lebar yang sama 7 meter,” terang Sultodi.

Lebih jauh ia menerang­kan, pekerjaan pedestrian dan drainase di Jalan Juanda ini sepanjang 1.680 meter dengan lebar 2,5 meter. Dima­na untuk pejalan kaki 2,5 me­ter dan jalur sepeda 1,2 meter yang sejajar dengan jalan. Se­dangkan untuk pekerjaan pe­destrian dan drainase di Jalan Otista, Sultodi menyebutkan bahwa panjangnya 700 me­ter yang dimulai dari Lawang Salapan sekitar Tugu Kujang hingga Jembatan Otista 2.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

“Yang pertama lebarnya 7 meter, yaitu 5 meter untuk pe­jalan kaki dan 2 meternya un­tuk jalur sepeda. Yang kedua yaitu lebarnya 2,5 meter den­gan lebar untuk pejalan kaki 2,5 meter dan jalur sepeda 1,2 meter. Lalu untuk peleba­ran Jalan Otista 2 sepanjang 12 meter itu lebarnya 6 meter, untuk sisi sebelah kiri 2 me­ter dan sisi sebelah kanan 4 meter,” papar Sultodi seraya menambahkan untuk TPT panjangnya 100 meter dengan tinggi sekitar 3,5 meter.

Untuk bagian pekerjaan yang terakhir, masih kata Sul­todi, yaitu peningkatan Jalan Otista. Panjangnya 700 meter dengan lebar 15 meter yang dimulai dari depan pintu uta­ma Kebun Raya Bogor hingga jembatan Otista. (Abdul Ka­dir Basalamah)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================