adsTOKYOTODAY– Jepang telah mengajukan protes ke Beijing setelah menemukan bahwa China memasang peralatan radar di platform eksplorasi gas dekat perairan sengketa di Laut China Timur.

Jepang khawatir pema­sangan radar itu bisa men­jadi sinyal bahwa China ber­niat menggunakan platform ekplorasi gas sebagai pangka­lan militer di wilayah perairan sengketa. Radar itu sendiri disebut kerap dipasang di ka­pal patroli dan tidak biasanya digunakan untuk pengemban­gan gas.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 30 April 2024

Menurut juru bicara ke­menterian luar negeri Jepang pada Minggu (7/8), pihaknya menemukan radar tersebut pada akhir Juni lalu dan men­gajukan protes pada Jumat kemarin melalui kedutaan besar Jepang di China. Isinya meminta Beijing menjelaskan tujuan pemasangan radar tersebut.

BACA JUGA :  Wilayah Garut Diguncang Gempa M 6,5, Getaran Terasa Hingga Bogor

Jepang sebelumnya telah menyerukan China untuk menghentikan konstruksi plat­form eksplorasi gas dan min­yak di Laut China Timur.

Pada Sabtu kemarin, Je­pang mengeluarkan protes lain ke Beijing setelah kapal polisi laut dan sekitar 230 ka­pal penangkap ikan China ber­layar ke wilayah perairan yang disebut Tokyo sebagai terito­rinya.(Yuska Apitya/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================