Pedestrian-Kebun-Raya-BogorBOGOR TODAY – Pembangu­nan fasilitas pedestrian dan jalur sepeda seputar Kebun Raya Bogor (KRB) sudah dim­ulai pengerjaannya hari ini, Rabu (03/08/2016). Proyek ini ditargetkan selesai pada 29 Desember 2016 mendatang.

Pengerjaan jalur pedes­trian dilakukan serentak yang dibagi dalam lima kelompok yakni pedestrian Jalan Pajaja­ran, pedestrian Jalan Jalak Ha­rupat, pedestrian Jalan Ir. H. Juanda, pedestrian Jalan Otista sekaligus pelebaran jembatan Otista.

Kepala Bidang Pemban­gunan, Jalan, dan Jembatan Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air, Nana Yudiana men­gatakan, tanda tangan kontrak sudah dilakukan kemarin, 02 Agustus 2016, dengan PT. Wiraloka Sejati. Pengerjaan awal yang dilakukan hari ini meneruskan sambungan pe­destrian di Jalan Pajajaran yang dikerjakan 2015 lalu.

BACA JUGA :  Dukung Sukseskan Lomba MTQ, Sekda Burhanudin Hadiri Langsung Pembukaan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat

“Pedestrian Pajajaran melanjutkan yang sudah ada hingga di Pintu Tiga KRB. Lebar pedestrian yang dibuat sekitar 5 meter,” ujar Nana seusai rapat bersama di Dinas Binamarga dan SDA, Rabu (03/08/2016).

Nana menuturkan selain dibuat pedestrian dan jalur sepeda, di Jalan Jalak Haru­pat ada pengerjaan drainase tertutup. Lanjut ke Jalan Ir. H. Juanda pelebaran pedestrian ditambah menjadi dua meter sementara jalur sepedanya terpisah dari pedestrian yang diberi pembatas seperti pada jalur bus way.

Di Jalan Otista kembali dibuat drainase tertutup dan pengaspalan ulang mulai Tugu Kujang sampai Jalan Suryak­encana. Sedangkan jembatan yang jadi bottle neck diper­lebar sisinya menjadi dua me­ter. “Selama pengerjaan akan ditutup dengan pagar seng pengaman,” jelas Nana.

BACA JUGA :  Hari Kesiapsiagaan Bencana Momentum Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Agar Siaga

Pengerjaan yang dikejar waktu ini, lanjut Nana, diper­kirakan akan sedikit meng­ganggu lalu lintas namun akan diantisipasi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor. Meski be­gitu setelah selesai warga Kota Bogor bisa memanfaatkan pe­destrian dengan nyaman.

“Sumber dana alokasi pengerjaan pedestrian dan jalur sepeda di seputaran KRB ber­asal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yakni bantuan dari pusat sebesar Rp 32.398.071.000,” pungkas Nana. (Abdul Kadir Basalamah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================