Sampah-Malam-TakbiranBOGOR TODAY– Timbunan sampah pada malam takbiran (H-1 Lebaran) di Kota Bogor akan meningkat. Peningka­tannya diprediksi akan men­capai 50 persen dari timbu­nan sampah di hari biasa.

Informasi yang didapat BOGOR TODAY dari Dinas Kebersihan (DKP), setiap in­dividu dapat menghasilkan 2,6 litter sampah. Sementara total penduduk Kota Bogor mencapai 1 juta jiwa. Dengan demikian sampah yang di­hasilkan per hari mencapai 2.600.000 litter sampah atau setara dengan 2600 kubik.

Bila peningkatan sampah mencapai 50 persen dari hari biasa. Berarti akan ada sam­pah tambahan sekitar 1300 kubik. Dengan akumulasi sampah mencapai 3900 kubik pada malam takbiran nanti.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 24 April 2024

“Ini prediksi kami. Dengan acuan peningkatan sampah pada tahun sebelumnya,” pa­par Sekretaris DKP Kota Bo­gor Elia Buntang saat ditanya BOGOR TODAY dalam acara buka bersama di Kantor DKP, kemarin.

Adapun sejumlah titik yang akan mengalami pening­katan timbulan sampah, yakni seputaran Jembatan Merah, Jalan Dewi Sartika hingga Bank Jawa Barat, Jalan Penga­dilan hingga Jalan MA Salmun, Pasar Bogor hingga Lawang Seketeng, dan kawasan Tugu Kujang.

Untuk mengatasi hal itu, DKP Kota Bogor telah meny­iagakan 123 armada truk, 27 motor sampah, dan 25 kol bak. Satu armada truk memi­liki kapasitas muat berkirsar 8 sampai 10 kubik. Sementara motor sampah memiliki kapa­sitas tampung 3 kubik dan kol bak berkisar 5 kubik.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang yang Sederhana dengan Telur Puyuh Balado Bumbunya Meresap

“Namun demikian jumlah armada truk, masih dirasa kurang. Karena idealnya seki­tar 150 unit. Jadi kami memer­lukan penambahan sekitar 27 unit truk,” urainya.

Selain itu, Elia juga memas­tikan, bila petugas DKP Kota Bogor tidak ada yang men­gambil cuti pada Lebaran ta­hun ini. “Karena hal itu dapat menganggu pelayanan kepada masyarakat. Ini konsekuensi bertugas di DKP,” tandasnya. (Patrick/ed:Mina)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================