Untitled-1ACARA tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) Apple yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat kemarin malam dihadiri oleh ribuan pengembang. Di antara ribuan pengembang itu, ada seorang bocah perempuan yang kemudian menjadi tamu termuda.

ADALAH Anvitha Vijay, gadis cilik usia 9 tahun dari Melbourne, Australia. Ia menghadiri WWDC 2016 dan menarik perhatian karena umurnya yang masih sangat muda.

Vijay terpilih sebagai penerima program

beasiswa Apple, sehingga ia berkesempatan meng­hadiri WWDC 2016. Ia dan keluarganya terbang lang­sung dari Melbourne ke San Francisco untuk duduk manis di WWDC dan berharap bisa bertemu sang CEO Apple Tim Cook.

Bocah keturunan India dan Australia ini telah mengembangkan dua aplikasi dan berencana mem­buat lebih banyak lagi. Vijay di umurnya yang masih belia sudah menciptakan sejumlah aplikasiiOS buat perangkat iPhone dan iPad. Hal itulah yang men­jadikan berbeda dari pengembang lainnya di WWDC 2016.

BACA JUGA :  Kenalkan Olahraga Skateboard Lewat KORMI Go To School

Mengutip Mashable, fokus Vijay selama ini adalah mengembangkan aplikasi untuk anak-anak. Semua itu diinspirasi dari adik kecilnya yang masih balita. Salah satu aplikasi buatannya Smartkins Ani­mals membantu anak-anak mengidentifikasi lebih dari 100 nama dan suara binatang.

Sementara Smartkins Rainbow Colours diran­cang untuk membantu anak dalam pembelajaran jenis warna.

Vijay mengaku telah belajar coding sejak usia 7 tahun, secara otodidak. Hanya bermodalkan video di YouTube dan tutorial online, katanya. “Coding sangat menantang. Tapi saya senang bisa terjebak di dalamnya,” katanya kepada media Fortune.

BACA JUGA :  Pemkot dan PN Bogor Kelas IA Perkuat Kelembagaan

Aplikasi pertamanya bernama GoalsHi, dikem­bangkan saat liburan musim panas dan berhasil memenangkan hadiah sebesar US$10 ribu di ajang penghargaan OzApp di Australia pada 2015.

Setelah memenangkan penghargaan itu tahun lalu, Vijay mengaku ingin menjadi pengusaha sukses yang berjaya di dunia.

Karya Vijay ini sepertinya membuat CEO Ap­ple Tim Cook terkagum-kagum. Berkat karyanya, Vijay pun bertemu dengan Cook. Cook dikabarkan selalu bertemu dengan developer muda yang meng­hadiri konferensi WWDC. Kali ini Cook memberikan pujian kepada Vijay.

Pada menit-menit awal acara, ia menunjuk ke arah Vijay yang ada di tengah-tengah hadirin. “Saya berte­mu dengannya (Vijay) dan dia menjadi seorang devel­oper hebat,” katanya.(Yuska Apitya Aji)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================