1500-Emas-Dragon-Boat_muchlis-(2)JAKARTA, TODAY– Tim perahu naga Indonesia mulai melakukan serangkaian uji­coba ke luar negeri dalam per­siapannya untuk Asian Games 2018, dan mereka mendulang hasil positif.

Pengurus Besar Persat­uan Olahraga Dayung Selu­ruh Indonesia (PB PODSI) mengikutsertakan tim pera­hu naga putri ke kejuaraan DBS Marina Regatta di Singa­pura pada Minggu (5/6) lalu, dan tim putra ke turnamen Hakka International Dragon Boar Race di Kaifeng, China, pada 7-9 Juni.

Hasilnya, prestasi kedua tim cukup menggembirakan. Tim yang diasuh Syahid Nuryasin dan Jhon Matulessy ini mere­but medali emas di final 500 meter premier women. Tim yang diperkuat 14 pedayung ini mampu mengalahkan tim Hong Kong, Singapura, dan Filipina.

Sedangkan tim putra membawa pulang dua medali emas. Kedua medali itu dis­umbangkan dari nomor 200 meter dengan mencatat wak­tu 40,72 detik dan jarak 500 M dengan mencatat waktu 1 menit 48,69 detik

BACA JUGA :  Atlet Skateboard Kabupaten Bogor Sabet Dua Medali Naschamp 2024

Direktur Performa Tinggi Dragon Boat, Young Mardinal, menilai torehan yang dicatat­kan timnya luar biasa. Alasan­nya, mereka bisa menang di tempat yang merupakan asal­nya perahu naga.

“Penampilan anak-anak cukup luar biasa. Mereka mampu mengembalikan citra dragon boat dengan merebut gelar juara umum di China yang merupakan ‘kandang macan’ dragon boat,” kata Young, seperti dalam rilis yang diterima detikSport.

Senada, Direktur Perfoma Tinggi (HPD) Lomba 1 Satlak Prima, Hadi Wihardja, men­gataka, hasil di Singapura dan China merupakan rekam jejak tim perahu naga putra yang pernah menyumbangkan medali emas di Asian Games 2010 Guangzhou, China.

BACA JUGA :  Atlet Skateboard Kabupaten Bogor Sabet Dua Medali Naschamp 2024

“Putri sudah menunjuk­kan perfoma yang cukup baik setelah dilatih selama enam bulan. Apalagi dengan ma­teri 40 persennya ialah atlet muda. Ini adalah awal yang baik untuk di ajang yang lebih besar lagi,” kata Hadi, ketika dihubungi terpisah.

“Putra lebih cepat adaptasi pada saat latihan. Mereka leb­ih tajam waktunya dibanding­kan saat latihan,” lanjutnya.

“Waktu persiapan ma­sih panjang menuju Asian Games 2018. Tinggal kemam­puan individualnya yang ha­rus ditingkatkan lagi. Semoga target dua medali emas Asian Games 2018 dapat terwujud.”

Rencananya, tim putra akan kembali tampil pada ke­juaraan dragon boat di Nan­ning, China, 10-12 Juni, nanti. (Imam/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================