20160524_102128RICKY ISKANDAR
[email protected]

Memasuki ling­kungan seko­lah yang masih dikelilingi hu­tan dan pohon rindang, terasa sejuk dan nya­man. Sinar matahari tak terasa panas, meski sudah jam 10.00 siang. Inilah yang dirasakan Tim Bogor Hejo saat berkun­jung untuk melakukan pena­naman pohon di SMAN 1 Nang­gung, Kabupaten Bogor, Selasa (24/5/2016).

‘’Kami terus berupaya menjaga lingkungan di sekitar sekolah ini tetap hijau. Bah­kan pohon-pohon besar di la­han belakang sekolah ini kami pertahankan dan kami jadikan hutan pendidikan,’’ kata Wakil Kepala SMAN 1 Nanggung Drs Agus Nurohman dalam sam­butannya jelang acara tanam pohon bersama Bogor Hejo- Bogor Today, RAPI Ciampea, dan BLH Kabupaten Bogor.

Selain mempertahankan hutan di belakang sekolah seb­agai hutan pendidikan, menu­rut Agus, SMAN 1 Naggung juga terus melakukan penanaman pohon di area-area hijau ter­buka di halaman dan taman sekolah. ‘’Kita bekerjasama dengan berbagai pihak un­tuk mendapatkan bibit pohon dan kegiatan lingkungan. Hari ini kami berterimakasih atas kedatangan Bogor Hejo dari Bogor Today yang juga mena­nam pohon buah-buahan,’’ katanya.

BACA JUGA :  Pedagang Gorengan di Ciampea Bogor Ditemukan Tewas Gantung Diri

Lingkungan alam di sekitar Komplek SMAN 1 Naggung ini memang masih sangat hijau dengan pepohonan. Letaknya berada di kaki Gunung Pong­kor dan dikelilingi bukit dan lembah yang sangat indah dan nyaman dipandang mata. Sekolahan yang memilki mu­rid sekitar 230 siswa-siswi ini sangat layak dijadikan green school.

Yang juga menarik, kepala sekolah, guru dan para murid di sekolah ini juga memiliki kesadaran lingkungan yang sangat tinggi. Salah satu con­tohnya, meski sekolah mereka masih hijau, SMAN yang dip­impin H Taupik ini meminta Tim Bogor Hejo melalui BLH Kabupaten Bogor untuk mena­nam pohon di sekolah mereka.

‘’Penanaman pohon me­mang tak perlu menunggu lingkungan hingga gundul dan kritis. Penanama bisa dilaku­kan saat lingkungan masih hijau untuk peremajaan po­hon dan melengkapi koleksi pohon-pohon yang sudah ada,’’ kata Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mu­jani yang juga hadir bersama GM Bogor Today Amalia Dian Puspitasari, Sekretaris Bogor Hejo Tatpo Marsito, Ketua Rapi Ciampea Nano Darsono dan Moh. Hoer.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Mobil Warga Karangasem, 4 Armada Dikerahkan

Karena itu Alfian memuji dan mendukung langkah yang dilakukan SMAN 1 Nang­gung mengembangkan hujan di belakang sekolah menjadi hutan pendidikan. ‘’Dengan dijadikannya hutan ini sebagai hutan pendidikan, maka akan semakin kaya dengan koleksi aneka jenis pohon dan keraga­man hayati,’’ katanya.

Para muris yang sehari-hari jauh dari keramaian dan kebisingan ini, tampak terhi­bur dan bergembira ketika Amel, panggilan Amalia Dian Puspitasari melakukan eduka­si pohon melalui kuis pohon. Wajah mereka tampak berseri-seri dan memberikan aplous setiap kali teman-temannya berhasil menjawab pertan­yaan Amel.

Sejumlah hadiah seperti 2 kantung beras lima kiloan dari donatur Bogor Hejo, payung, dan perlengkapan sekolah dari Linda Kristanti Nussy SH (BRI Dewi Sartika) dibagikan kepada para pelajar yang bisa menjawab dengan tepat setiap pertanyaan dari Amel. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================