BOGOR, Today – Dengan alo­kasi belanja langsung menca­pai Rp 320 miliar lebih dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Dinas Pendi­dikan Kabupaten Bogor ha­rus menyelesaikan 1.179 paket kegiatan pada tahun 2016 ini. Namun, belum satupun paket itu dilelangkan meski Januari hampir berakhir.

Kepala Bidang Sarana dan Prasara Disdik Kabupaten Bogor, Anwar Anggana men­gungkapkan, lelang baru akan digelar Februari dan Maret mendatang. Khusus paket yang memakan anggaran cu­kup besar, sedang dalam doku­men lelang.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Gaungkan Program Ekonomi Hijau untuk Peringati Hari Otda ke-XXVIII

“Memang belum ada paket yang dilelang. Mungkin Februari dan Maret baru masuk lelang. Kini semua dokumen lelang masih dalam penyempurnaan,” ujar Anwar, Senin (25/1/2016).

Diantara paket itu antara lain, proyek ruang kelas baru, rehab dan pembangunan ka­mar mandi serta pengadaan mebeleur dengan total keg­iatan 892 untuk Sekolah Dasar (SD). Untuk SMP, total keg­iatan sebanyak 222 dan SMA/SMK sebanyak 65 kegiatan. Se­mentara, untuk pembayaran di kegiatan tahun 2015 yang di­luncurkan pada tahun 2016 se­banyak 121 kegiatan untuk SD.

BACA JUGA :  Penemuan Jasad Pria Tergeletak di Trotoar Simpang Sentul, Luka Robek Dibagian Punggung

“Yang diluncurkan pem­bayarannya di tahun 2016 ini, fisiknya sudah selesai 100 persen tahun lalu. Hanya pem­bayarannya saja di luncurkan ke tahun ini,” tambahnya.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi menegas­kan, Disdik harus juga fokus pada pematangan perencanaa sebelum melelang paket-paket proyeknya. “Supaya tidak ada proyek mangkrak atau blak­clist yang berujung pada tidak selesainya pengerjaan,” kata politisi Golkar itu.

(Rishad Noviansyah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================