BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Bisnis Today / Utang Luar Negeri Pemerintah Naik 9,2 %
Berdasarkan data yang diterbitkan BI pagi ini, kurs rupiah berada di angka Rp13.329 per dolar AS, terdepresiasi tipis 0,2% atau 3 poin dari posisi 13.326 kemarin. Pada saat yang sama, nilai tukar rupiah terpantau menguat 0,03% atau 4 poin ke Rp13.327 per dolar AS di pasar spot, setelah dibuka dengan penguatan hanya 0,01% atau 1 poin di Rp13.330.

Utang Luar Negeri Pemerintah Naik 9,2 %

JAKARTA TODAY- Utang Luar Negeri (ULN) pemerintah meningkat 9,2 persen pada Juli 2017 atau menjadi US$174,3 miliar. Kenaikan ini bahkan lebih tinggi daripada bulan sebelumnya yang sebesar 7,3 persen.

Padahal, pada periode yang sama, ULN sektor swasta cukup terkendali dengan mencatatkan penurunan 1,2 persen menjadi US$165,5 miliar. Porsi ULN sektor swasta juga sedikit lebih rendah ketimbang ULN pemerintah, yakni 48,7 persen.

Secara keseluruhan, ULN Indonesia pada akhir Juli mencapai US$339,9 miliar atau tercatat tumbuh 3,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bank Indonesia (BI) melansir, berdasarkan jangka waktunya, ULN jangka panjang relatif tumbuh terkendali, sedangkan ULN jangka pendek agak melambat.

Adapun, ULN jangka panjang sebesar US$293,9 miliar, terdiri dari ULN sektor publik sebanyak 58,3 persen dan ULN sektor swasta sebesar 41,7 persen. Sementara, ULN jangka pendek hanya tercatat US$45,9 miliar atau 13,5 persen dari total ULN.

Berdasarkan sektor ekonominya, posisi ULN swasta terkonsentrasi pada sektor keuangan, industri pengolahan, pertambangan, serta listrik, gas, dan air bersih.


Pangsa ULN keempat sektor tersebut terhadap total ULN sektor swasta mencapai 76,3 persen. Menurut BI, perkembangan ULN pada Juli 2017 tetap sehat dan terkendali.

BI juga akan terus memantau perkembangan ULN dari waktu ke waktu untuk memberikan keyakinan bahwa ULN dapat berperan secara optimal dalam mendukung pembiayaan pembangunan tanpa menimbulkan risiko yang dapat memengaruhi stabilitas makroekonomi.
(Yuska/cnn)

About admin

Check Also

Anies-Sandi Dilantik, Bus Transjakarta Digratiskan

JAKARTA TODAY- PT Transjakarta menggratiskan operasional bus hari ini demi menyambut pelantikan Gubernur dan Wakil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com