BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Bogor Raya / Soal Pilwalkot, Bima Arya Tersandera Status Pleger

Soal Pilwalkot, Bima Arya Tersandera Status Pleger

BOGOR TODAY- Status pleger yang disandang Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, sesuai putusan vonis Pengadilan Tipikor Bandung dalam kasus korupsi Jambu Dua, Kota Bogor, dipastikan menyandera politikus PAN tersebut dalam kontestasi Pilwalkot Bogor 2018 mendatang.
Sejumlah pegiat hukum menilai, Bima Arya sudah tidak layak memimpin di Kota Bogor. Munculnya kasus Jambu Dua juga menjadi muara slogan “Bersih dan Bebenah” yang acap dikampanyekan Bima Arya.
“Kasus ini harus diselesaikan tuntas secara hukum. Kalau permohonan kasasi yang diajukan para terdakwa yang merupakan bekas anak buah Saudara Bima Arya ditolak Mahkamah Agung, secara otomatis status pleger yang disandang Bima Arya akan melekat dan kemungkinan besar menjadi tersangka,” ungkap Sekjen DPN Peradi, Sugeng Teguh Santoso, SH, siang ini.
Sugeng menilai, pleger akan menjadi penyakit menahun kepemimpinan Bima Arya jika tidak segera diselesaikan. “Warga Kota Bogor juga semakin cerdas dan lambat laun akan tahu apa yang sebenarnya terjadi terhadap walikotanya,” kata Sugeng.
Terpisah, Ahli Hukum Tata Negara Universitas Pamulang, M Yamin, SH, MH, menilai, delik pleger yang disandang kepala daerah dalam hal ini Walikota Bogor sudah semestinya dinaikkan dalam jerat pidana khusus. “Terasa janggal jika yang terlibat dalam penganggaran skala besar, hanya sekelas kadis dan camat. Yang menjadi pemangku atau penentu kebijakan tetap kepala daerah. Hakim Tipikor Bandung sudag cermat itu. Tinggal bagaimana kejaksaan dan MA bekerja sebagaimana mestinya proses penyidikan lanjutan,” ungkapnya.
Kasus korupsi Jambu Dua Kota Bogor ini memang menyisakan rentetan kisah panjang. Hingga kini, baru empat orang yang dipastikan terlibat dan sudah diputus bersalah oleh hakim. Namun, putusan Hakim Tipikor Bandung menyisakan pekerjaan bagi kejaksaan untuk membereskan status pleger terhadap Walikota Bogor dan Sekda Kota Bogor.(Yuska Apitya)

About admin

Check Also

Hasil Bahasan LPJ Walikota Bogor Tahun 2016

DPRD SAMPAIKAN SEJUMLAH REKOMENDASI DPRD Kota Bogor melalui Badan Anggaran (Banggar) telah membahas Rancangan Peraturan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com