BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Bisnis Today / Pertumbuhan Ekonomi RI Diproyeksi Tumbuh 5,1 %

Pertumbuhan Ekonomi RI Diproyeksi Tumbuh 5,1 %

JAKARTA TODAY- Pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2017 diproyeksi hanya akan mencapai 5,1%. Tidak ada kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan kuartal sebelumnya, meskipun ada Hari Raya Idul Fitri.

“Tempo hari memang di awal-awal indikasi datanya menunjukkan memang beberapa faktor itu belum ada tanda-tanda, tapi dengan beberapa indikator terakhir, 5,1% di kuartal II itu kemungkinan masih bisa dicapai,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Indikator utama terlihat dari survei penjualan eceran, yang juga tumbuh 5,1% atau lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 4,8%. Ini tak lepas dari peran cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta.

“Ini menunjukkan memang penjualan eceran mengalami kenaikan didukung dengan kegiatan selama Ramadan dan juga kenaikan gaji dan THR itu mendukung perbaikan penjualan eceran dan kita harapkan itu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II khususnya dari konsumsi,” jelasnya.

Pada sisi lain, inflasi juga terkendali. Selama Juni, inflasi tercatat 0,69% (mtm) meskipun ada aktivitas Ramadan dan Lebaran. Faktor pendorong utama adalah tarif angkutan.

“Nah berbagai komoditas pangan itu masih relatif stabil dan bahkan juga deflasi seperti cabai, bawang seperti itu,” imbuhnya.(Yuska Apitya)

About admin

Check Also

Mudik Lebaran, Kemenhub Bantah Isu Lonjakan Harga Tiket Pesawat

SURABAYA TODAY – Kementerian Perhubungan membantah terjadi kenaikan harga tiket pesawat saat musim mudik Lebaran ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com