BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Heulang 9 / PENASIHAT

PENASIHAT

Jangan sembarangan mencari penasihat hidup. Kita tak bisa asal comot konsultan hidup, karena tak semua orang ahli dalam memberikan nasihat. Juga tak semua orang yang ahli menasihati itu memiliki tujuan baik dan tahu cara terbaik. Contoh konkretnya sudah dijelaskan dalam Al-Quran, yaitu bagian yang mengisahkan terusirnya Adam dan Hawa dari srga.

Iblis jelas bukan penasihat hidup yang meiliki tujuan baik. Tujuan Iblis jelas sangat jahat, yaitu menurunkan Adam dan Hawa dari surga. Itu sebabnya, Iblis tak pernah berhenti berupaya mempedaya Adam. Iblis tampil sangat meyakinkan sebagai penasihat hidup terbaik. “Wahai Adam, maukah engkau aku tunjukkan pohon khuldi (kekal) dan kerajaan yang tidak akan binasa?’’ kata Iblis kepada Adam dengan sangat profesional.

Ketika Adam tak juga tergoda, maka Iblispun kembali menasihati Adam dan Hawa.  ‘’Tuhan kamu tidak melarang kamu berdua mendekati pohon ini, kecuali agar kamu berdua tidak menjadi malaikat dan tidak termasuk hamba yang kekal,’’ kata Iblis dengan sangat meyakinkan.

Tak berhenti di situ, Iblis kembali menguangi nasihatnya kepada Adam dan Hawa dengan bersumpah menggunakan nama Allah: ‘’Dan dia (Iblis) bersumpah kepada Adam dan Hawa: sesungguhnya aku termasuk orang yang memberi nasihat bagi kamu berdua.’’

Karena menggunakan nama Allah, maka  Adam yang betul-betul sangat hormat kepada Allah, terlena dan menerima nasihat Iblis. Maka, terusirlah Adam dan Hawa dari surga. Ketika kita mendapat nasihat, lihatlah secara cermat dan kritis siapa yang memberi nasihat itu. Pastikan yang memberi nasihat itu bukan Iblis dan kader-kadernya. Sebab, nasihat dari Iblis dan kader-kadernya itu sangat membahayakan walaupun awalnya terasa sangat indah dan memabukkan. Pilihlah penasihat hidup itu orang yang taqwa, shalih-salihah, takut kepada Allah dan orang berilmu. (*)

About Iman Rahman Hakim

Check Also

Tahun Lalu, 108 Cacing Parasit Nempel di Daging Qurban

CIBINONG TODAY – Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Bogor, terus melakukan pemeriksaan terhadap sapi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com