BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Opini Today / PEMIMPIN YANG CINTA TANAH AIR

PEMIMPIN YANG CINTA TANAH AIR

Oleh : Widi Yaumul Fitri (Universitas Muhammadiyah Malang)

Cinta tanah air adalah mencintai tanah air dengan rela berkorban, mengabdi dalam keadaan apapun. Definisi lain cintah tanah air yaitu bahawasanya mereka banngga dengan tanah airnya sendiri, Cinta tanah air NKRI (Negara kesatuan Republic Indonesia) adalah sebuah kewajiban yang memang harus dimiliki oleh semua rakyat Indonesia. Karna dengan kita cinta kepada tanah air NKRI (Negara kesatuan Republik Indonesia) kita bisa mengamalkan semua peraturan-peraturan yang ada di Negara Indonesia. Seperti yang telah ditegas kan dalam Undang-undang dasar 1945 pasal 30 ayat 1 yang ditegaskan bahwa “ tiap-tiap warga egara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”. Hal ini dapat dijabarkan dalam pelaksanaan kegiatan kegitan yang ada dinegara kita. Dengan kita cinta tanah air yaitu NKRI maka kita harus menjaga Negara kita dengan aman dan tentram dan dengan ikut berpartisipasi terhadap Negara salah contohnhya adalah dalam memilih kepala daerah, karan yang menentukan pemimpin daerah adalah kita, jika kita tidak memilih (golput) maka rasa cinta kita terhadap tanah air harus dipertanyakan.

Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang harus mempunyai rasa cinta terhadap cinta tanah air tetapi untuk pemimpin daerah juga harus lebih mempunyai rasa cinta tanah air atau NKRI Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini akan diadakannya pemilu gubernur Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2018 pada periode 2018-2023. Pengamat Poitik Universitas Padjajaran Obsatar Sinaga menyebut empat kandidat pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Jabar semua memiliki jiwa cinta NKRI. Karna calon pemimpin Jawa Barat harus mempunyai jiwa yang cinta terhadap tanah air atau NKRI  (Negara kesatuan Republik Indonesia), dan apabila salah satu kandidat Gubernur jawa barat terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat maka beliau harus mengimplemtasikan atau harus mengamalkan cintanya kepada tanah air atau NKRI nya untuk masyarakat daerah Jawa Barat itu sendiri selama lima tahun kedepan nya dan tidak bepihak kepada satu golongan saja atau hanya satu daerah saja karna masih banyak wilayah jawa barat yang belum maju.

Calon gubernur jawa barat atau bapak negarawan harus memiliki rasa cinta terhadap tanah air NKRI (Negara kesatuan republic Indonesia), sebab beliaulah yang akan jadi panutan masyarakat daerah jawa barat itu sendiri, saya yakin masyarakat jawa barat mempunyai rasa cinta terhadap tanah air NKRI (Negara republic Indonesia) yang tinggi. Pemimpin yang cinta tanah air NKRI (Negara kesatuan republic Indonesia) bukan hanya mementingkan dirinya sendiri atau kelompoknya, karna pemimpin yang hanyan mementingkan dirinya sendiri atau kelompoknya itu bukan cinta NKRI (Negara kesatuan republic Indonesia) yang sesungguhnya. Seorang pemimpin bukan politisi yang hanya memntingkan partai dan kelompoknya saja tetaapi seorang pemimpin harus bisa menjaga Negara dan daerah Jawa Barat itu sendiri dengan baik juga sebgai panutan masyarakat Jawa Barat. Karna sesungguhanya masyarakat memilih seorang pemimpin bukan hanya mereka semata-mata untuk kewajibanya terhadap Negara tetapi mereka berharap agar wilayah Jawa barat bisa menjadi lebih baik.

Seorang pemimpin Jawa Barat juga harus bisa menekankan kepada warga Jawa barat untuk terus cinta tanah air, karna dengan rasa cinta tersebut akan bisa melahirkan daerah yang lebih baik, maka nilai nilai pancasila harus betul-betul direspi oleh calon pemimpin Jawa Barat. Pemimpin yang cinta tanah air bukanlah pemimpin yang hanya pemperkaya dirinya tetapi dengan memperhatikan rakyatnya. Contohnya masih banyak di provinsi Jawa Barat masyarakat yang kelaparan dan juga kurang mampu disini lah pemimpin harus memperhatikan rakyat nya karna negara kita ini masih banyak warga yang kelaparan dan kurang mampu.karna di dalam visi dan misi calon gubenur Jawa barat beliau cinta tanah air. meraka punya cara mereka sendiri untuk mengimplementasikan rasa cintanya terhadap tanah air, degan begitu calon gubernur Jawa Barat harus bisa mewujudkan kepada masyarakat Jawa Barat untuk rasa cinta seorang pemimpin kepada tanah airnya. Jangan hanya dalam visi dan misinya dan juga pada saaat demokrasi saja tetapi mereka juga harus bertanggung jawab atas daerah Jawa Barat itu sendiri untuk selalu sejahtera dan menjadi lebih baik, karna sesungguhnya itulah yang diharapkan oleh masyarakat Jawa Barat. Untuk masyarakat Jawa Barat itu sendiri mepunyai jiwa cinta tanah air yang tinggi karna sebagian dari masyarat yang kaum intelektual. Maka dari itu pemimpin yang cintah tanah airnya dengan tulus maka akan selalu menjaga wilayahnya dengan baik karna perasaan cinta tumbuh bukanlah hal yang paksaan tetapi rasa cinta tumbuh dari hatinya sendiri. Jika rasa cinta tanah air itu tumbuh dari hatinya pasti mereka akan mengimplemntasikan nya dengan cara mentaati peraturan-peraturan menjungjung tinggi nilai-nilai pancasila dan bagi seorang pemimpin khususnya calon guberbur Jawa Barat bisa menjadikan wilayah Jawa Barat itu sendiri menjadi lebih maju dan lebih baik.

About alfian mujani

Check Also

Terus Naik, Harga Minyak Dunia Sentuh USD80/Barel

NEW YORK TODAY – Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun naik pada Kamis (Jumat pagi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com