BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Heulang 9 / MENGELOLA KESEDIHAN

MENGELOLA KESEDIHAN

Syekh Anis Mansour, sastrawan kesohor menasihati dengan satu kalimat pendek yang penuh makna bagi siapapun yang kurang pandai mengelola kesedihan hati. Siapapun kita, pasti pernah atau akan didatangi kesedihan dengan berbagai jenis, bentuk dan rupanya. ‘’Jangan pedulikan setiap sesuatu yang mengambil kebahagiaanmu. Hiduplah dengan merdeka,’’ kata Syekh Anis dengan khidmat dan bijaksana.

Nasihat itu memang sangat pendek. Sepertinya, nasihat ini saling melengkapi dengan nasihat guru kehidupan yang menyatakan bahwa kesedihan itu sejatinya hanya sebuah episode kecil dari keseluruhan episode kehidupan yang sangat panjang. Karenanya jangan sampai yang satu episode pendek ini membakar hangus kebahagiaan yang sesungguhnya jauh lebih banyak, lebih dominan dalam kehidupan kita.

Mereka yang merasa hidupnya  selalu memderita dan merasa terlahir untuk menderita, biasanya cenderung menderita sepanjang masa. Mereka yang selalu optimis dan yakin bahwa habis gelap terbitlah terang dan setelah matahari terbenam, pasti ia akan terbit dan bersinar lagi, biasanya akan senantiasa menemukan tempat dan waktu untuk bahagia.

Ustadz kocak dan cerdas Dr Ahmad Imam Mawardi menasihati jamaah pengajiannya agar tetap ingat cara bernafas walau menghadapi ujian besar dan musibah sekalipun. Dan, janganlah lupa untuk bernafas. Insya Allah akan tetap hidup. ‘’Sekejepit apapun hidupmu, tetaplah semangat untuk hidup, jangan kalah oleh bulu ketiak yang selalu dijepit namun ia tetap hidip dan memanjang,’’ katanya, yang disambut tawa jamaah. (*)

About Iman Rahman Hakim

Check Also

Sekda : Kegiatan Pelayanan Kesehatan Harus Miliki Izin

BOGOR TODAY- Ditengarai masih ada tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti klinik, praktek dokter dan sejenisnya yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com