BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Bogor Raya / Bogor Hejo / Kiprah SD Salam Alfarisi Cibinong (Uper), Akhiri 2016 Dengan Tanam Pohon

Kiprah SD Salam Alfarisi Cibinong (Uper), Akhiri 2016 Dengan Tanam Pohon


Iman Rahman H

irahmanhakim@gmail.com

Setelah sepekan mengikuti kegiatan Ulangan Akhir Semester 1, pada hari Senin–Rabu,    19–21 Desember 2016, sebanyak 325 siswa kelas 1-6 SD Salman Alfarisi Cibinong, Kabupaten Bogor mengikuti kegiatan Outbound dan Go Green. Tujuan kegiatan ini adalah mengisi waktu siswa paska UAS dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaan.

‘’Di Sekolah Salman Alfarisi, kami memiliki program dan sarana outbund sendiri, tersedia beraneka fasilitas seperti flayingfox, line bridge, rakit dan berbagai permainan alam lainnya,’’ kata Kepala Sekolah Salman Alfarisi Dulhamin Napitupulu S.Pd.I, kemarin.

Amin, panggilan Dulhamin Napitupulu, menjelaskan bahwa mereka mengadopsi kegiatan outbound untuk pengembangan karakter pada siswa, menumbuhkan keberanian dalam mengambil keputusan, bermain dengan tim dan problem solving yang didasari akhlak mulia. Kegiatan outbund sendiri bagian dari kurikulum non formal di sekolah Salman Alfarisi dari tingkat PG, TK dan SD dengan kegiatan di alam terbuka sebagai media utamanya. ‘’Adapun fasilitator outbound, kami punya tim sendiri terdiri dari instruktur utama dan pendamping dari guru Salman,’’ katanya.

Kegiatan outbound di Sekolah Salman Alfarisi diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu: Fun Games. Kegiatan ini menekan unsur-unsur koordinasi, konsentrasi dan kebersamaan. Dalam pelaksanaannya dikemas dalam nuansa rekreatif dan menghibur, diberikan kepada siswa kelas PG-TK dan kelas rendah (SD kelas 1 – 2). Low Impact Games, pada kegiatan ini siswa mulai dikenalkan pada tema-tema yang terkait dengan kerjasama, komunikasi, membuat perencanaan, mengatur strategi, efisiensi waktu, pendelegasian tugas, kejujuran dan tanggung jawab sosial. Low Impact games mulai diberikan kepada siswa kelas tinggi (SD kelas 3 – 6). High Impact Games kegiatan ini menyajikan tema-tema yang terkait dengan pengendalian diri, peningkatan keberanian, kekuatan rasa percaya diri, keuletan dan pantang menyerah. ‘’High impact games mulai diberikan pada kelas kecil hingga kelas besar,’’ jelas Amin.

Selain kegiatan outbound, Sekolah Salman Alfarisi juga mengisi kegiatan program Go Green. Sebagai sekolah yang menerapkan prinsip sekolah berbudaya lingkungan (Adiwiyata) senantiasa menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap alam dan lingkungan. Pentingnya kegiatan go green atau penghijauan bertujuan untuk mengurangi dampak global worming. Sebagai agen perubahan, Sekolah Salman memiliki kepentingan terhadap penghijauan ini. ‘’Kami mengajak siswa agar melakukan penghijauan di sekolah dan guru secara terus-menerus meyakinkan para siswa akan dampak positifnya,’’ kata Amin.

Salah satu cara kecil yang dilakukan sekolah Salman Alfarisi adalah mengajak siswa menanam beraneka ragam tumbuhan di kebun sekolah dan pinggir empang.  ‘’Pada kesempatan ini kami menanam pohon ketapang, jati, nangka, dan sirsak. Mudah-mudahan upaya kecil ini dapat memberikan dampak kebaikan bagi bumi kita tercinta,’’ katanya.

About admin

Check Also

Saber Pungli Hanya Gencar Sosialisasi

CIBINONG LINE – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terhadap sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) tidak setengah-setengah. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com