BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Heulang 9 / FILSAFAT MATEMATIKA

FILSAFAT MATEMATIKA

Ilmu Matematika seringkali dipandang hanya sekedar  pelajaran angka – angka yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan sosial. Pandangan itu keliru. Pythagoras, filsuf Yunani, 500 tahun sebelum Nabi Isa diutus ke dunia, sudah mengingatkan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini berhubungan dengan angka. Bisa diangkakan. Pythagoras merumuskan pemikirannya ini dalam sebuah karya ‘’Teorema.’’ Matematika mengajarkan lebih dari sekedar penjumlahan, pengurangan,  pengalian dan  pembagian, yang tanpa makna sosial.

Mari kita lihat angka 0, misalnya. Angka 0 ini jika dikalikan dengannya angka berapapun maka hasilnya  akan tetap 0 (nol). Ini bermakna bahwa jika hati kita benar – benar ikhlas, kosong dari motif, alias betul – betul tulus, maka tak akan ada yang mampu mengusik kita. Hati kita tetap saja damai, kosong dari kesedihan dan rasa duka.

Lihat juga angka 1. Jika angka ini dikalikan dengan angka berapapun maka angka ini akan tetap memberikan angka yang sesuai dengan angka yang dikalikan dengannya. Jadilah seperti angka 1 yang memberikan pada setiap orang nilai yang sesuai dengan nilai sesungguhnya.

Para guru kehidupapan berkata: “Jika Anda memberi nilai seseorang di bawah nilai yang sesungguhnya, maka Anda adalah orang dzalim. Jika Anda memberikan nilai pada seseorang dengan nilai yang lebih tinggi dari yang sebenarnya, maka Anda juga dzalim, dan jangan kaget kalau pada saatnya nanti Anda akan diinjak olehnya.”

Karena itu pula Pythagoras, berkeyakinan bahwa  segala sesuatu di dunia ini dapat diprediksi­ dan diukur dalam siklus beritme. Ia per­caya keindahan matematika disebabkan berhubungan dengan fenomena alam. Dan, segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam angka – angka atau perbandingan bilangan. (*)

About Iman Rahman Hakim

Check Also

Bupati : Sukseskan Pilkada Dengan Damai

CIBINONG TODAY – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, melaksanakan Gelar Munggaran (Peluncuran) Pemilihan Bupati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com