BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Ragam Today / Bahagia Itu Sederhana

Bahagia Itu Sederhana

Untuk masuk dalam kriteria suami idaman, Anda tidak harus membawakan istri bunga setiap hari atau menyanjungnya setinggi langit. Dengan perhatian kecil tapi tulus, istri pasti akan semakin cinta.

Pada dasarnya untuk memiliki hubungan pernikahan yang hangat dibutuhkan usaha. Lakukan hal-hal sederhana berikut ini agar istri semakin bahagia :

  1. Jangan asyik bermain ponsel sendiri

Sudah banyak studi yang membuktikan pemakaian gadget yang berlebihan menimbulkan ketidakpuasan dalam hubungan antar pasangan. Bahkan, dapat menimbulkan jarak emosional antar pasangan karena mengalihkan perhatian kita dari interaksi di sekitar. Itu sebabnya, batasi waktu menggunakan gadget saat di rumah atau bersama pasangan.

  1. Hati-hati dengan energi yang akan dibawa ke rumah

Hidup memang penuh tekanan dan kita tak bisa mengendalikannya. Tapi, yang bisa kita lakukan adalah memilih energi apa yang akan kita bawa ke rumah agar tetap fokus pada pasangan.

  1. Kurangi beban istri

Kebanyakan wanita bukan hanya menanggung beban harian, tapi juga perasaan pribadi dan pasangannya untuk mencapai segala hal. Wanita seringkali melakukan “pekerjaan” tak terlihat untuk keluarganya. Terus-menerus melakukan pengorbanan ini bisa berdampak besar bagi kestabilan emosinya. Ajaklah istri berdiskusi untuk mengetahui apa yang ia rasakan dan inginkan dan cari solusi bersama.

  1. Utamakan emosi positif

Pada awal pernikahan, emosi positif mengalir dengan teratur. Kegembiraan, kebahagiaan dan semangat akan selalu memenuhi hari. Seiring dengan bertambahnya usia pernikahan, emosi positif itu mulai memudar. “Emosi postif tidak selalu terjadi dengan tingkat dan frekuensi yang sama ketika masih berada dalam tahap jatuh cinta,” kata psikolog Suzann Pileggi. Lakukan kegiatan atau tindakan yang dapat menjaga emosi positif mengalir dalam pernikahan.

  1. Ungkapkan apresiasi sesering mungkin

Menurut Jonathan Robinson, terapis pasangan, aspek penting dalam sebuah hubungan adalah saling mengerti dan menghargai satu sama lain. Misalnya dengan memberitahu pasangan kita bahwa kita menghargainya, baik lewat ucapan langsung atau teks.

  1. Kontrol emosi

Dalam suatu hubungan, kita akan mudah memberi reaksi berlebihan ketika mendapat kritik atau pertanyaan. Padahal, yang kita butuhkan adalah sedikit waktu untuk memahami maksudnya. Saat pasangan memberi pertanyaan, jangan langsung bersikap defensif. Dengarkan atau mencerna pertanyaannya.

  1. Mengalah Ketika berdebat dengan pasangan

Cobalah untuk tidak selalu menyalahkannya. Sebagai gantinya, coba untuk intropeksi diri. “Ketika pasangan merasa disalahkan, justru dia tak akan mendengarkan apa yang kita katakan,” kata Robinson. Jadi, ketika berdebat, hindari menggunakan kata-kata yang seolah menyalahkan pasangan. Tujuan dari “perdebatan” bukan mencari siapa yang menang atau kalah.

  1. Ucapkan terimakasih dengan cara spesifik

Hanya mengucapkan ‘terimakasih’ pada pasangan tidak akan cukup. Jadi, ucapkan dengan spesifik. Misalnya, jika pasangan kita memberi hadiah, ucapkan rasa terimaksih dengan kalimat, seperti ‘Kamu benar-benar tahu apa yang aku butuhkan’. Kalimat semacam itu akan membuatnya merasa lebih dihargai daripada sekedar ucapan ‘terimakasih’. Menurutnya, cara ini menandakan kita fokus pada pasangan dan apa yang telah dilakukannya, bukan hanya pada hadiah atau manfaatnya bagi kita.

  1. Jangan sungkan merayu

Pernikahan paling membahagiakan akan terjadi ketika pasangan saling mengingatkan jika mereka dicintai, dihargai dan berbahagia. Jadi, merayu atau menggoda pasangan adalah keterampilan penting yang harus dimiliki agar pernikahan langgeng. (Net)

About agus albi

Check Also

Bupati Bogor : Pramuka Rumah Kita Bersama

CIBINONG TODAY – Peringatan Hari Pramuka ke-57 tingkat Kabupaten Bogor di kemas dengan kehangatan dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Bogor-Today.com