CIBINONG TODAY – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam pembukaan perkuliahan pendidikan kader ulama angkatan XII dan Ijtima 3000 ulama bertema ‘Mengkader pemimpin muda islam berparadigma wasathiyah’ berlangsung di Gedung Tegar Beriman, Cibinong.

Di sela sambutannya, presiden menitip pesan kepada para kader ulama agar bisa turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama pada momen pesta demokrasai seperti sekarang.

“Saya titip kepada kader ulama, hal yang harus dikembangkan adalah mencitpkana prasangka yang positif, harus Husnul Tafahum (berpahaman baik), berpikir penuh kecintaan,” ujar Jokowi.

Presiden pun menjelaskan, Indonesia menjadi rujukan negara Islam lain. Indonesia dinilai menganut toleransi yang kuat. Oleh karena itu, dia meminta kepada masyarakat dan kader ulama MUI agar menjaga aset tersebut dan jangan sampai hilang lantaran proses pemilihan kepala daerah ataupun pemilihan Presiden.

“Oleh sebab itu kita harus menyadari hal itu, jangan sampai aset terbesar kita persatuan dan kerukunan hilang. Mari kita jaga Ukhuwah Wathaniyah kita karena ini aset terbesar kita. Jangan sampai pilihan presiden, bupati, gubernur setiap lima tahun ada terus kita jadi retak,” paparnya.

BACA JUGA :  Nobar Timnas Indonesia, Dirut Tirta Pakuan: Dukung Perjuangan Anak Bangsa

Dia juga meminta kepada para kader MUI tidak mudah curiga dan berburuk sangka. “Saya titip yang dikembangkan yaitu bagaimana berprasangka baik. Penuh dengan kecintaan jangan sampai membenci. Sedih kalau banyak ujaran kebencian,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bogor menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada MUI Kabupaten Bogor yang senantiasa berupaya menjalankan perannya dengan baik sebagai pusat pergerakan para ulama, zu’ama dan cendekiawan islam, anatara lain dengan secara rutin menyelenggarakan program pendidikan kader ulama yang hingga sekarang telah mencapai angkatan ke XII dan menjadi sumber kaderisasi ulama di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

“Kepada para peserta yang telah terpilih untuk mengikuti kader ulama angkatan XII ini, disertai harapan semoga seluruh proses pembelajaran selama masa pendidikan nanti akan membantu untuk membangun kualitas sebagai pengemban syiar dan dakwah islamiyah yang memenuhi kualifikasi sebagai pemimpin muda isam berparadigma wasathiyah,”ujar bupati.

Nurhayanti juga menambahkan Ijtima 3000 ulama tahun 2018 kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang tentunya akan menjadi bahan kebijkan yang strategis bagi Pemerintah Kabupaten Bogor karena umaro dan ulama suatu kesatuan yang saling mendukung, khususnya dalam menguatkan ketahanan sosial serta dalam membangun masyarakat yang sejahtera dengan dilandasi nilai-nilai agama, kebaikan dan kemaslahatan hidup dunia dan ukhrowi.

Di akhir acara Joko Widodo, Moeldoko, Ahmad Mukri Aji, dan Nurhayanti secara bersama-sama memainkan alat musik hadrah sebagai simbol pembukaan pendidikan kader ulama itu yang dilanjutkan Ijtima 3000 Ulama. (Firdaus)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================