perut-buncit

Alfian Mujani

[email protected]

PERUT begah karena kebanyakan makan, memang rasanya tidak enak. Selain membikin agak suah bernafas, juga suasananya terasa tidak nyaman dan serba salah. Mau tau solusinya?

Saat Natal, umumnya Anda akan menerima jamuan makan di beberapa tempat. Kondisi ini pun kerap membuat Anda berisiko mengalami begah dan tak nyaman di perut akibat makan terlalu banyak. Nah, untuk mengatasinya agar tak semakin parah, Anda perlu mengonsumsi asupan yang tepat.

Nutrisionis Rob Hobson menuturkan bahwa asupan yang tepat memang diperlukan untuk mengatasi perut begah. Salah satunya adalah air putih. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, maka kondisi begah bisa lebih cepat teratasi.

Selain air putih, berikut 5 asupan terbaik yang bisa Anda konsumsi menurut Hobson, seperti dikutip dari Daily Mail:

  1. Susu skim
BACA JUGA :  Apakah Boleh Makan Yogurt Setiap Hari? Simak Ini

Saat Anda mengalami begah akibat terlalu banyak maka, maka pilihlah asupan-asupan yang rendah akan kandungan lemak seperti susu skim. Sebab pada dasarnya, asupan tinggi lemak (khususnya lemak jenuh) memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga mengonsumsinya berlebihan bisa membuat perut Anda begah.

  1. Teh mint

Selain air putih dan susu skim, teh mint juga bisa dijadikan asupan pilihan saat Anda begah dan kembung. Mint mampu membantu meringankan kembung dengan merelaksasi dinding usus, serta melonggarkan katup antara usus dan saluran esofagus.

  1. Nanas dan pepaya

Buah-buahan tropis mengandung enzim pencernaan yang disebut papain (terdapat di pepaya) dan bromelain (terdapat di nanas). Enzim ini membantu proses pencernaan protein dan secara tradisional dianggap sebagai cara untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

  1. Probiotik
BACA JUGA :  Ternyata Daun Salam Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ini

Mempertahankan usus yang sehat adalah kunci untuk menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, kurangnya bakteri baik bisa dikatakan memicu datangnya kembung. Untuk menjaga kesehatan usus, konsumsilah asupan probiotik seperti yoghurt.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung atau bayam adalah beberapa asupan yang dianjurkan untuk mengatasi begah. Ini karena sayuran tersebut kaya akan zat besi dan magnesium. Kandungan serat sayuran ini juga tinggi dan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

Bahkan sayuran hijau juga diyakini dapat meningkatkan aliran empedu melalui hati, yang pada akhirnya membantu tubuh untuk ‘menyingkirkan’ produk-produk limbah yang sudah tak diperlukan lagi.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================