Tata-Ultra-1012PT Tata Motors Distribusi In­donesia (TMDI) anak perusa­haan Tata Motors Ltd, Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia mem­perkenalkan Tata Ultra 1012, sebuah light truck yang kuat dan menjanjikan biaya Total cost of ownership (TCO) teren­dah di kelasnya.

“Sebagai pembuat truk dan bis 10 besar dunia Tata Mo­tors mempersembahkan truk ringan masa yang kuat, aman, hemat BBM dan multiguna. Kami yakin Tata Ultra adalah aset bisnis yang penting bagi customer kami dan akan men­jadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif,” ung­kap Biswadev Sengupta, Pres­iden Direktur TMDI.

Biswadev menambah­kan, desain Tata Ultra telah disesuaikan dengan perkem­bangan terkini sesuai kebutu­han konsumen saat ini yakni performa yang superior, de­sain dan kenyamanan kabin kelas dunia, daya angkut yang tinggi serta konfigurasi beban bodi yang beragam.

“Yang berguna untuk me­nambah produktivitas usaha dan umur pakai yang lebih lama,” tambah Biswadev.

Tata Ultra 1012 memiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, diran­cang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar 4 sam­pai 7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter.

Untuk segala fungsi dan pemakai, Tata Ultra 1012 men­ciptakan standar baru di seg­men kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan bi­aya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

Tata Ultra 1012 dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang sanggup meng­hasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi terbesar diband­ing kompetitornya yakni sebe­sar 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 sebesar kurang lebih 10 ton. Transmisi Tata Ultra menggunakan Transmisi G-550 dengan enam gigi den­gan overdrive (OD).

Desain kabin interior Tata Ultra menitik-beratkan pada kenyamanan dan kes­elamatan. Disamping mekan­isme kendaranya, keunikan dari Tata Ultra 1012 adalah kokpitnya yang fungsional dan menarik. Desain kabin­nya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas. Hal ini tentunya memberi nilai kenyamanan dan keselama­tan yang tinggi dengan seat adjuster, steering adjuster dan weight control seat. Karak­teristik sistem kemudi power steering-nya ringan.

Tata Ultra 1012 Dibekali pula oleh tilt and telescopic collapsible steering yang da­pat menambah kenyamanan posisi mengendara dan men­goptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dalam kece­patan tinggi. Untuk suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semi eliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengka­pi shock absorber dan rubber bushing.

Tata Ultra 1012 memiliki kapasitas kursi 3 buah dengan konfigurasi berjajar 1 Sopir dan 2 Penumpang. Kursinya dapat disesuaikan. Bisa diges­er maju mundur dan direbah­kan ke belakang.

Untuk keamanan Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan Full Air Brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya ceng­keram kuat sehingga menin­gkatkan keamanan mengen­dara. Bicara keamanan, Tata Ultra juga menyajikan neutral switch, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Adapun chassis mengunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile. (yasser arafat)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================