HL-(4) WALI Kota Bogor Bima Arya Sugiarto ingin menjadikan Bogor sebagai kota bagi pelari (city of runner) dengan mengundang sebanyak-banyaknya komunitas lari untuk berlari di kota hujan tersebut. “Kita akan jadikan Bogor City of Runner,” kata Bima di Bogor.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Menurut Bima, Kota Bogor memiliki udara yang sejuk, nyaman dan hi­jau, sangat cocok untuk masyarakat berolahraga lari ditambah kontur dan “landscape” yang menunjang. “Setiap Sabtu dan Minggu banyak komunitas lari ke Kota Bogor, mereka berlari di Kebun Raya Bogor, juga taman-taman yang sudah kita bangun,” katanya.

Melihat pesatnya pertumbuhan komunitas lari (runner) di wilayah Jabodetabek, lanjut Bima, ia ingin memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengundang sebanyak-ban­yaknya komunitas runner untuk berlari di Kota Bogor.

“Tahun ini Kota Bogor akan membangun trotoar pedestri­an di sekeliling Kebun Raya dan Istana Bogor. Lebarnya sam­pai empat meter, sangat cocok buat warga yang ingin berlari, sepedahan dan joging,” katanya.

Menurut Bima, dengan adanya sarana trotoar pedestrian tersebut, ia ingin menjadikan Bogor sebagai alternatif dari warga Jakarta untuk lari. Ia mengatakan, di Hari Jadi Bo­gor (HJB) ke-534 yang rangkaiannya sedang berlangsung dari Mei hingga Juni nanti akan ada salah satu acara Bogor Berlari (Bogor Runner) yang dilaksanakan Sabtu 28 Mei 2016.

“Bogor Runner ini akan diikuti komunitas lari dari Jabode­tabek, mereka akan berlari dari taman ke taman. Dengan jarak tempuh 10 kilo meter,” kata Bima.

Sementara itu, juru bicara Bogor Runner Herlian­toarbi Natakusuma menjelaskan, Bogor Runner berlari sajuah 10 kilo meter di 10 taman mengambil start dari Taman Ekspresi Sempur menuju Taman Bogor, Ta­man Malabar, Taman Pangrango, Taman Kencana, Taman Corat-Coret, Hutan Kota (Taman Burung), Taman Heulang, Taman Air Mancur, Taman Pa­ranginan dan kembali ke Taman Ekspresi lokasi finish.

“Bogor Runner akan diikuti sekitar 20 komunitas runner se Jabodeta­bek yang mengirimkan lima orang anggotanya untuk ikut berlari ditambah ko­munitas lari yang ada di Bogor, peserta lari berkisar dari 250 hingga 300 orang,” katanya.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================